Asesmen Nasional (AN) evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah untuk pemetaan mutu sistem pendidikan pada tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah. AN bertujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama satuan pendidikan, yakni pengembangan kompetensi dan karakter murid. Asesmen Nasional juga memberi gambaran tentang karakteristik esensial sebuah satuan pendidikan yang efektif untuk mencapai tujuan utama tersebut.

Asesmen Nasional terdiri atas tiga komponen yaitu:

  1. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), terdiri dari mengukur kompetensi peserta didik dalam literasi membaca dan literasi matematika (numerasi)
  2. Survei Karakter, merupakan pengukuran terhadap sikap, kebiasaan, nilainilai (values) berdasarkan enam aspek Profil Pelajar Pancasila
  3. Survei Lingkungan Belajar, merupakan pengukuran kualitas pembelajaran dan iklim sekolah yang menunjang pembelajaran pada satuan pendidikan.

Asesmen Nasional di SMK Negeri 1 Tekarang dilaksanakan pada Gelombang 2 yaitu tanggal 22-23 September 2021 yang dibagi ke dalam 3 sesi. Untuk pelaksanaan Survei Lingkungan Belajar oleh kepala sekolah dan guru dilakukan satu hari sebelum pelaksanaan AN untuk siswa.

Sampel dipilih pada kelas XI dengan jumlah sampel 50 orang dengan rincian 45 orang sampel utama dan 5 orang sebagai sampel cadangan. Sedangkan untuk kepala sekolah dan guru berdasarkan jumlah tenaga pendidik yang terdaftar di dapodik yaitu 15 (lima belas) responden.

Berikut dokumentasi pelaksanaan Asesmen Nasional Tahun 2021 di SMK Negeri 1 Tekarang.

Survei Lingkungan Belajar untuk Responden Kepala Sekolah dan Guru

Sesi 1

Sesi 2

Sesi 3

SMK Negeri 1 Tekarang Sukses Menyelenggarakan Asesmen Nasional (AN) Tahun 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published.